4 Jenis Daftar Isi Berdasarkan Format Penulisannya

Daftar isi merupakan sebuah urutan daftar judul baik itu judul bab dan judul sub bab yang ada pada sebuah karya ilmiah ataupun di dalam buku. Jadi bisa diartikan bahwa daftar isi adalah sebuah panduan untuk memudahkan para pembacanya untuk menemukan apa yang sedang dicari. Maka dari itu penting untuk dapat menulis daftar isi dengan benar atau bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di ms word.

Jenis-jenis Daftar Isi

  1. Daftar isi tingkat tunggal (Single Level TOC)

Daftar isi tunggal biasanya digunakan oleh penulis yang hanya menuliskan judul besar pada setiap halaman saja ataupun bab saja dan tidak mencantumkan sub bab. Jadi daftar isi yang ditulis tidak terlalu detail. Daftar isi ini cocok digunakan pada karya ilmiah atau buku dengan isi yang sangat banyak sehingga tidak harus membuat daftar isi dengan detail.

  1. Daftar isi yang dibagi lagi (Subdivided TOC)

Dibandingkan dengan jenis daftar isi tunggal, jenis daftar isi Subdivided TOC mencakup informasi yang lebih luas lagi. Misalnya judul akan dibagi menjadi sub bagian agar lebih jelas dan pencarian juga akan lebih cepat dan mudah.

  1. Daftar isi bertingkat (Multi-Level TOC)

Daftar isi bertingkat merupakan daftar isi yang lebih jelas dan detail lagi. Anda bisa menambahkan sub bagian sebanyak mungkin. Apabila dibahas secara mendalam hingga ke kategori kata sifat, kata benda, kata keterangan, dan kata kerja maka sub bagian akan menjadi lebih banyak yang dimasukkan.

Perllu anda ingat bahwa sub bagian yang dimasukkan hanyalah yang penting saja karena terlalu banyak sub bagian malah akan menjadi lebih rumit dan membuat pembaca bingung. Namun memang jenis daftar isi ini cukup detail dan memudahkan pembaca.

  1. Daftar isi akademik

Daftar isi akademik dikhususkan untuk karya ilmiah dengan tujuan akademik. Jadi isi dari daftar isi dapat disesuaikan dengan topik dari karya ilmiah akademik yang dibuat serta format dapat isi dapat disesuaikan dengan permintaan seperti gaya MLA, gaya APA, atau gaya Chicago. Apabila daftar isi ditulis dengan software maka setiap halaman dapat ditautkan pada daftar isi sehingga bisa langsung di klik untuk pergi ke halaman yang diinginkan.