Berikut Ini Cara Mengecek Status KTP Elektronik Online

Bagi anda yang sudah memiliki KTP elektronik maka sebaiknya mengecek apakah data kependudukannya telah terdaftar dalam pusat data kependudukan nasional dengan benar atau belum. Hal ini sangat penting agar identitas tidak berbeda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek KTP, salah satunya adalah secara online. Cara online cukup mudah dan efektif karena anda tidak perlu pergi ke kantor Dukcapil setempat.

Lalu bagaimana cara cek KTP online?

  1. Cek KTP Online Dari Situs Pemerintah

Anda bisa langsung mengunjungi situs pemerintah daerah untuk mengecek KTP. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kevalidan KTP elektronik yang telah direkam. Maka dari itu, silahkan anda akses situs pemerintah daerah atau dinas terkait masing-masing.

Caranya adalah : Masukkan nomor NIK yan tertera dalam KTP. Kemudian klik ‘Cek NIK’ atau ‘Tampilkan” untuk mengetahui apakah data kependudukannya sudah benar atau belum.

  1. Cek KTP Online Melalui SMS atau WhatsApp

Cara cek KTP elektronik online berikutnya adalah dengan mengirimkan SMS atau pesan WhtasApp. Cara cek KTP via SMS ini sangat mudah. Caranya adalah : SMS : Cek#KTP#NIK dan kirim ke nomor Disdukcapil setempat. WhatsApp : Nama lengkap sesuai KTP (koma) Nomor Induk Kependudukan atau NIK (koma) Kelurahan (garis miring) Kecamatan/Kabupaten/Kota dan kirim ke nomor WhatsApp Disdukcapil setempat.

  1. Cek KTP Online Melalui Email

Cara cek KTP elektronik onine lainnya adalah melalui email. Caranya pun sangat mudah, anda hanya cukup mengirim email ke [email protected]. Adapun formatnya sebagai berikut : #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

Namun, cara cek KTP melalui emaik ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya keluhan yang anda kirimkan melalui email baru akan diproses dalam sekitar 24 jam setelah email dikirimkan.

  1. Cek KTP Online Melalui Media Sosial Facebook atau Twitter

Cara mengecek KTP bisa anda lakukan dengan menggunakan media sosial Facebook atau Twitter dari Disdukcapil. Supaya keamanan data tetap terjaga sebaiknya anda menggunakan fitur private message atau direct message.

  1. Cek KTP Online Menggunakan Aplikasi

Selain dengan cara-cara diatas, anda juga bisa mengecek kevalidan KTP dengan menggunakan aplikasi yang diunduh di Smartphone. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa aplikasi yang bisa anda pilih untuk mengecek status KTP :

  • Cek Data KTP & NIK

Aplikasi yang pertama untuk mengecek KTP adalah Cek Data KTP & NIK. Aplikasi ini bisa memberikan informasi identitas berdasarkan nama dan NIK. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mendapatkan informasi berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, usia serta alamat pemilik KTP.

Perlu diketahui bahwa sumber data atau informasi yang ditampilkan aplikasi ini merupakan hasil gabungan dari data yang bisa didapat dengan menggunakan API serta penerjemahan kode angka NIK/No KTP. Jadi, sumber data yang didapatkan bukan dari Dukcapil. Selain itu, aplikasi ini juga tidak menyimpan, memakai, menyebarluaskan, ataupun menyalahgunakan informasi apapun.

Pengembang menjanjikan bahwa aplikasi yang satu ini tidak terikat/terkoneksi dengan individu, kelompok, jaringan, oknum dan komunitas apapun. Aplikasi yang memiliki ukuran 2,5 MB ini juga mudah didownload.

  • Cek NIK KTP

Aplikasi cek KTP selanjutnya adalah Cek NIK KTP. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan pemeriksaan KTP mandiri dengan cepat dan mudah. Selain itu, data yang ditampilkan juga bersumber dari server, sehingga terus diperbaharui. Aplikasi yang berukuran 4,4 MB ini sudah diunduh 100 ribu kali.