Ciri-Ciri Mobil Membutuhkan Tune Up

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sangat sensitif sehingga Anda harus rajin melakukan perawatan terhadap mobil yang Anda miliki tersebut. Perawatan mesin ini terbagi menjadi dua, yakni perawatan mesin ringan dan juga perawatan mesin berat. Apabila mobil Anda telah melakukan perawatan mesin berat maka itu berarti telah terjadi kerusakan yang parah pada mobil yang Anda miliki.

Oleh karenanya Anda harus rajin melakukan service pada mobil Anda. Melakukan service pada mobil tidak berarti terdapat terjadi sebuah kerusakan yang parah. Tetapi melakukan service mobil merupakan salah satu cara untuk merawat mobil yang Anda miliki, bukan hanya luaran mobil saja yang harus mendapatkan perawatan, tetapi mesin pada mobil juga harus dilakukan.

Service ringan atau service berkala pada mesin mobil disebut tune up mobil  yang memiliki fungsi untuk mengembalikan kemampuan atau performa sebuah mesin mobil yang telah dianggap kendor atau menurun sehingga harus dibuat kembali prima seperti sedia kala. Terlebih lagi apabila mobil Anda telah memiliki usia yang tua, misalnya mobil Anda telah berusia diatas 5-10 tahun maka Anda wajib melakukan perawatan ringan pada mesin.

Pada perawatan mesin ringan maka yang akan dilakukan pemeriksaan terdapat pada busi mobil, kemudian pompa bensin, semua bagian sistem kelistrikan pada mobil, bagian saringan udara, dan saringan bensin, bahkan hingga throttle body mobil Anda. Komponen-komponen tersebut merupakan komponen yang sangat penting pada mobil sehingga selalu dibutuhkan perawatan ringan terlebih jika mobil Anda telah lanjut usia.

Anda bisa membuat sebuah jadwal atau patokan waktu untuk melakukan perawatan mesin ringan atau tune up pada mobil yang Anda miliki, agar mesin tetap prima. Sehingga membuat Anda nyaman dan aman dalam berkendara menggunakan mobil yang Anda miliki. Berikut ini ciri-ciri ketika mobil Anda butuh untuk dilakukan perawatan ringan agar Anda tetap aman dan nyaman menggunakan mobil Anda.

Setelah Menempuh Jarak 5 Ribu Km

Anda harus memperhatikan kondisi mobil Anda dengan cara melakukan perawatan ringan terhadap mesin mobil Anda. Guna untuk mengembalikan performa mesin Anda serta untuk membuat kendaraan Anda lebih awet lagi. Salah satu ciri atau penanda bahwa mobil Anda membutuhkan sebuah perawatan ringan adalah ketika Anda telah melakukan perjalanan atau telah menempuh jarak sebanyak 5 ribu km selama periode tersebut.

Namun apabila Anda belum menempuh perjalanan selama 5 rib km selama 3 bulan maka Anda dapat menjadi waktu tersebut sebagai waktu melakukan tune up. Sehingga setiap 3 bulan sekali maka Anda harus melakukan perawatan mesin ringan pada mobil Anda atau dirangkaikan sekaligus dengan service rutin pada mobil Anda.

Suara Mesin Kasar

Salah satu ciri atau tanda mobil Anda membutuhkan tune up adalah ketika Anda mendengarkan suara mobil Anda dan terdengar suara mesin mobil yang kasar seperti suara mengerung pada saat mesin mobil menyala, bahkan ketika mobil telah berjalan. maka Anda wajib dan jangan menunda untuk melakukan perawatan ringan agar suara mobil tetap terdengar halus. Sebagai upaya merawat kenyamanan mobil Anda.

Sulit Menyala

Berikutnya yang menjadi tanda mobil membutuhkan perawatan mesin ringan adalah ketika Anda sulit menyalakan mesin mobil Anda. Jika kadang kala Anda hendak menyalakan mesin mobil Anda, namun sulit untuk dinyalakan maka hal tersebut berarti mobil Anda membutuhkan perawatan mesin ringan agar Anda tidak kesusahan lagi.

Mobil Bergetar

Jika mobil Anda telah mengalami getaran namun bukan karena spooring maupun balancing maka Anda harus berhati-hati mengunakan mobil tersebut. Sebab ketika mobil telah bergetar maka mobil tersebut berarti harus melakukan tune up sebagai upaya pengembalian performa dari mobil Anda. Serta sebagai upaya merawat kenyamanan Anda saat berkendara.

Gas Melambat

Gas menjadi salah satu hal yang paling penting pada mobil Anda, jika gas Anda melambat sangat tidak nyaman dan mengganggu saat melakukan sebuah perjalanan. Ketika gas mobil Anda melambat maka Anda harus sadar bahwa mobil Anda tersebut membutuhkan sebuah perawatan mesin ringan.

Tanda-tanda tersebutlah yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui bahwa mobil Anda waktunya untuk melalukan tune up sebagai upaya memperbaiki kerja mesin mobil yang Anda miliki.