Jenis Sepatu Pria Terkini

Sepatu sekarang tidak hanya sebagai alas atau penutup kaki saja. Pergeseran gaya fashion membuat sepatu saat ini juga jadi salah satu bagian penting dalam berbusana. Bahkan produksi sebuah sepatu dapat saja dilakukan dengan analisa yang lama dan memakai teknologi canggih. Contohnya sepatu untuk atlet olahraga terkenal. Seperti dijelaskan di halaman Wikipedia, sepatu merupakan sebuah item alas kaki yang berfungsi untuk melindungi dan membuat nyaman kaki manusia ketika melakukan aktivitas.

Diluar sebagai kegunaan utamanya di atas tadi, sepatu juga bisa dipakai sebagai item hiasan atau dekorasi dalam hal fashion. Model sepatu sudah bervariasi dari budaya ke budaya dan waktu ke waktu, dengan penampilan mulanya terikat fungsi utama seperti dijelaskan di atas. Jenis sepatu sekarang sangat beragam baik dari model, jenis, dan juga materialnya.

Selain itu, fashion sering mengacu pada banyak elemen desain, seperti apakah sebuah sepatu mempunyai heels yang sangat tinggi atau datar. Pastikan ukuran sepatu seusai dan pas dengan ukuran kaki Anda. Sebab kesesuaian ukuran berhubungan dengan kenyamanan memakai sepatu. Jangan korbankan rasa nyaman anda dengan model atau gaya semata.

Sebaiknya beli yang original. Walau mahal, ada baiknya Anda sedikit membayar lebih dengan membeli sepatu asli dibandingkan replikaya sebab sepatu yang asli atau original tentu mempunyai kualitas yang jauh lebih baik. Setiap sepatu tentunya unik. Baik dengan brand yang sama, tetapi jika berbeda bahan dasarnya tentu akan berbeda perawatannya. Rawat sepatu Anda untuk rasa nyaman maksimal saat kaki Anda sedang menggunakan sepatu tersebut.

Alas kaki kontemporer dengan variasi dalam desain dan bentuk gayanya, juga dalam hal kompleksitas dan biaya. Sandal dasar mungkin cuma terdiri dari tali tunggal dan tipis. Sepatu fashion kelas atas bisa dibuat dari bahan yang mahal dalam konstruksi kompleks, juga dijual dengan harga tinggi untuk sepasangnya. Sebelumnya mari Anda mengetahui model sepatu yang ada sekarang ini. Dari berbagai sumber yang ada di internet, sepatu bisa digolongkan jadi beberapa jenis.

Sepatu Slip On, Slippers & Loeafers

Sepatu model slip on umumnya dirancang lebih rendah dari model lainnya atau juga dikenal memiliki konstruksi moccasin. Sam dengan namanya, Slip langsung On, sepatu ini dirancang dengan simple. Tanpa tali dan hanya ada lubang untuk memasukkan kaki saja. Sedangkan sepatu jenis Loafers, awalnya diperkenalkan di London oleh Wildsmith Loafer.

Loafers juga dibuat untuk jenis kasual. Sedangkan di Norwegia terkenal sebagai Aurlandskoen dari awal abad ke-20. Perbedaan dari ketiga jenis sepatu tersebut adalah dibading ketiganya Slippers mempunyai ujung yang lebih runcing, Slip-ons dan Loafers mempunyai ujung yang belih lebar. Loafers umumnya menggunakan tali walaupun hanya sedikit dan memiliki bahan dasar kulit atau suede.

Sepatu Boots

Sepatu Boots umumnya mempunyai bentuk menutupi seluruh bagian kaki sampai di atas mata kaki, bahkan ada yang sampai ke betis. Alas sepatu boots umumnya lebih tebal dari jenis lain, khususnya pada bagian tumit kaki. Secara tradisional dibuat dari bahan dasar karet atau kulit, sepatu boots modern dibuat dari berbagai bahan.

Sepatu boots mulanya digunakan untuk melindungi kaki dari air, suhu dingin ekstrim, lumpur atau bahaya lain, contohnya sepatu boots dapat melindungi pengguna dari bahan kimia atau bahan logam keras seperti besi dan baja. Sepatu model ini juga dapat memberikan dukungan pada pergelangan kaki tambahan untuk kegiatan berat seperti mendaki gunung. Untuk sekarang ini bahkan digunakan untuk alasan gaya fashion.

Sepatu Sneakers

sepatu ini mulanya dirancang terutama untuk kegiatan olahraga atau bentuk lain dari aktivita fisik. Sneakers sudah berevolusi untuk dipakai pada kegiatan sehari-hari yang lebih santai. Sepatu jenis ini biasanya dibuat dengan sol fleksibel yang terdiri dari karet atau bahan sintetis dan di atasnya terbuat dari kulit atau sintetis. Brand sepatu jenis sneakers yang populer di dunia, antara lain sepatu Converse, Adidas, Nike Air Jordan, Vans, Reebok, Asics, New Balance, dan masih banyak lagi.

Sepatu Olahraga

Sangat jelas dari namanya saja, sepatu model ini dipakai untuk berbagai aktivitas olahraga. Sepatu sport pastinya tidak sesuai untuk aktifitas sehari-hari yang bukan olahraga itu sendiri, berbeda dengan sneakers. Kenapa tidak sesuai? Karena, pada alas kaki atau sol dari sepatu sport umumnya lebih keras dan tebal. Contoh sepatu olahraga adalah sepatu sepa bola, sepatu tennis, sepatu basket, sepatu futsal, sepatu golf dan lain sebainya.

Sepatu Formal

Sepatu formal biasanya terbuat dari bahan kulit, baik itu asli atau sintetis, sehingga memiliki warna mengkilap. Sepatu formal mempunyai varian beragam, biasanya adalah pantofel. Selain itu ada Oxford, Monk-strap dan Wingtips. Dua model terakhir sangat mirip, Anda akan kesulitan mencari perbedaanya. Sepatu Pantofel umumnya mempunyai model sepatu yang elegan dan formal dan juga sepatu pantofel tidak banyak asesorisnya selain tali sepatu yang simple