Ternyata Ini Rahasia Aki Mobil Paling Juara!

Memiliki bentuk yang medium size, komponen kendaraan ini nyatanya begitu super power. Melalui benda ini seluruh transmisi mesin otomatis terkendalikan.

Box bernama aki ini merupakan sumber pasokan energi bagi kendaraan yang anda tumpangi. Misalnya saja kelistrikan, AC, hingga saat starter mobil. Komponen ini mampu menyimpan tenaga lsitrik dengan wujud bahan kimia.

Serba-serbi terkait benda berkekuatan tangguh ini sebetulnya banyak diperdebatkan.  Ada yang mengenalinya hanya dari dua jenis saja. Namun ada pula yang menyebutkan lebih. Lantas berapa ya kira-kira harga aki mobil ini. Mengingat fungsinya yang luar biasa.

Miliki Aki Mobil Paling Bagus, Agar Mesin Makin Mulus

Berbicara tentang benda satu ini pastilah menjadi sangat menarik. Alat ini mampu mentransferkan sejumlah energi ke hampir seluruh bodi mobil. Coba saja lihat, fungsinya yang beragam tentu si aki ini memiliki performa mumpuni untuk mendukung kinerja mesin kendaraan.

Komponen kendaraan yang memiliki jumlah segambreng ini nyatanya membutuhkan daya yang besar pula. Tak hanya itu accu dinilai begitu vital bagi keberlangsungan kinerja mesin

Berapakah Jenisnya?

Accu dibedaakn emnajdi 5 varian yang berbeda, denagn sifat dan fungsi yang berbeda pula. Daripada penasaran berikut penjelasnya komplitnya;

  1. Accu Gel

Jenis accu yang pertama ini memiliki tekstur gel dan sudah tergolong canggih. Gel ini berfungsi sebagai pengganti cairan elektrolit. Pemanfaatan gel ini dinilai mampu menekan potensi tumpah.

Di samping itu, aki kendaraan berbentuk gel ini aman dari sifat korosif juga berbahaya. Namun, sedikit sulit untuk menemukannya di bengkel maupun di pasaran.

  1. Accu Basah

Jenis kedua ini memang ditengarai yang paling sering Anda temui. Mengapa disebut basah? Paslanya accu jenis ini menggunakan cairan elektrolit cair bernama asam sulfat. Dan memiliki harga yang tergolong plaing ringan.

Kendati harganya murah, aki mobil ini disebut – sebut mengandung timah antimoni yang gampang menguap sehingga dirasa lekas habis. Sehingga komponen mobil ini memerlukan sejumlah perawatan secara berkala.

Yang dikhawatirkan ialah ketika tak dirawat kemudian tumpah dan mengenai komponen kendaraan lainnya. Tapi, Anda bisa tenang, karena kini banyak ditemukan aneka bengkel yang khusus menangani hal ini. Tapi, tetap usahakan pilih yang terpercaya ya, agar mesin makin sip dan bertenaga.

  1. Accu Kering

Meski disebut dry accu alias kering, accu ini juga mengandung timah kalsium lho. Cairan elektrolit didalamnya mampu mengendalikan proses penguapan. Sehingga accu jenis ini dirasa cukup efektif ketimbang varian yang basah.

Harga aki mobil jensi ini juga termasuk sedikit mahal. Pasalnya selain bagus, accu ini tak membutuhkan perawatan ekstra. Sebab, tak memerlukan pengisian kembali dari cairan elektrolit.

Dry accu umumnya dalam kondisi disegel dengan kuat. Sehingga cairan didalamya terjamin tak akan tumpah. Tapi akibatnya Anda diwajibkan mengganti komponen ini ketika terjadi kerusakan. Tapi, tetap sebanding  kinerjanya lho.

  1. Accu Kalsium

Anda bsia mengenali alat ini melalui kutub dari accu tersebut. Pasalnya, di bagian kutub terdapat komponen penyusun berupa kalsium. Yang ditengarai memiliki daya uap sangat rendah. Aki mobil jenis kalsium masih jarang ditemui. Selain mahal juga accu ini memang langka dipakai. Kemungkinan juga produksinya terbatas.

  1. Accu Hybrid

Jenis terakhir ini merupakan gabungan dari accu tipe original atau biasa dengan tipe kalsium. Sehingga disebut-sebut memiliki potensi penguapan yang betuk-betul minim. Keunggulannya ialah tidak memerlukan perawatan secara rutin. Sehingga, Anda bebas ribet.

Tapi, lagi-lagi accu mumpuni ini masih sulit ditemukan. Pasalnya sesuai namanya, high technology-nya membuat cairan elektrolit didalamnya berlabel DANGER! Yap, mampu menggerus komponen atau korosif. Dan berbahaya untuk kulit manusia.

Lebih Jeli

Meski memiliki banyak jenis, komponen mesin satu ini memang banyak dicari. Tapi jangan lantas buru-buru menggantinya sendiri ya sobat. Salah-salah malah menimbulkan komplikasi dan kerusakan pada mobil Anda nantinya.

Ya, maunya sih irit tapi jika berpotensi merugikan jangan dilkaukan ya. Sehingga anda membutuhkan jasa bengkel untuk memperbaikinya. Kendati harga aki mobil bervariasi, tentu hal ini bakalan sebanding dengan fungsi yang mengikutinya. Ya, kan?