Tips Penting Memilih Sepatu Lari Berdasarkan Jenis MedanBagi anda yang suka dengan olahraga lari tentu saja sering menemukan berbagai jenis medan yang anda lalui selama berlari.

Berbeda memang jika anda hanya fokus olahraga lari di gor mislakan, maka satu jenis sepatu saja sudah cukup.

Akan tetapi, jika anda sudah mulai merambah ke medan yang lebih ekstrim seperti persawahan, kemudian medan yang penuh bebatuan dan krikil bahkan yang basah maka ini sangat penting sekali bagi anda memahami tips dalam memilih jenis sepatu lari yang pas.

Karena memang berbeda medan, maka sejatinya ciri khas sepatu yang anda gunakan harus tidak sama.

Kalau anda gunakan model yang sama bisa saja memang, tapi dari sisi ketahanan dan kekuatan sepatu tidak akan bisa bertahan lama.

Maka dari itu, perhatikan ulasan penting ini khusus buat kalian yang memiliki hoby lari jarak dekat, atau maraton.

Memilih Sepatu Lari Terbaik

Sebelumnya, jika anda ingin mencari berbagai model sepatu lari keluaran terbaru dengan kualitas mempuni harga berpariasi maka kami sarankan anda bisa kunjungi Asics Official Store disana banyak diskon dan bisa anda cek di Blibli juga.

Sepatu lari yang cocok untuk medan aspal keras

Ini yang paling umum, seperti berlari di jalan raya kemudian di gedung olahraga yang menggunakan lantai aspal keras. Untuk aspal dan permukaan keras lainnya, Anda membutuhkan sepatu yang bisa memberikan efek pada pengurangan kemungkinan beban tubuh, kemudian benturan dan hentakan pada bagian pergelangan kaki.

Sepatu kets dengan alas lebih tinggi kami rasa sangat pas untuk medan seperti ini, kemudian ketebalan bagian pelindung tumit sampai dengan kelengkapan sirkulasi udara pada sepatu harus anda perhatikan.

Sepatu lari aspal adalah sepatu bersol lembut dengan tapak berlekuk rendah dan anti slip. Seringkali sepatu kets aspal memiliki bagian atas berbentuk jala yang akan memberikan ventilasi dan kenyamanan yang baik saat berlari dalam trik sinar matahari .

Sepatu yang cocok untuk Gym, Stadion atau Gor

Untuk permukaan stadion sintetis, sepatu kets aspal juga cocok. Penutup stadion itu sendiri memberikan penyerapan goncangan yang baik.

Kondisi cuaca juga kurang penting di sini, dan tidak perlu bantalan yang kuat, dan bagian atas yang kuat. Hal utama adalah sol anti selip sepatu harus berkualitas supaya tahan lama.

Dan untuk kegiatan gym seperti treadmill, sepatu lari yang sama juga bisa anda gunakan seperti yang pertama. Intinya ada sirkulasi udara sudah cukup.

Sepatu lari untuk alam liar, bebatuan, dan lumpur

Untuk lari di alam dan medan yang tidak rata, sepatu lari yang didesain untuk trek ini sudah ada dan layak anda coba untuk kenyamanan dalam berlari.

Ciri sepatu lari di alam bebas yang bagus tentu saja dari sisi perlindungan sangat memadai dari gesekan, kemudian hentakan yang tidak beraturan.

Jadi dalam alas haru lebih dalam dari jenis sepatu lainya, kemudian pada bagian ujung kaki sepatu biasanya akan ada tambahan khusus yang empuk dimana ini akan melindungi anda dari cidera ketika tidak sengaja menendang batu dan krikil ketika berlari kencang.

Untuk tanah yang kering dan keras (jalur hutan, medan berbatu), model alas yang sedang dan peredam hentakan pada sepatu sangat kami rekomendasikan anda gunakan.

Berlari di lumpur membutuhkan alas sepatu yang sedikit tebal, dimana ini akan membuat kegiatan lari anda akan tetap nyaman dan tentu saja alasnya tidak boleh licin minimal ada grigi cengkram yang membuat lari anda akan semakin kuat dan tidak kepeleset.

Kemudian pada lapisan bawah atas alas sepatu juga harus dilengkapi dengan material anti air, kemudian tidak tembus air ini akan mencegah percikan air masuk ke dalam sepatu.